Jenis dan Keistimewaan Batu Akik Kecubung

Jenis dan Keistimewaan Batu Akik Kecubung - Pasar Batu Akik Nusantara semakin ramai karena maraknya batu akik yang sekarang ini sedang naik pamor. Berbagai macam jenis batu akik nyi oleh konsumen maupun kolektor adalah jenis batu akik kecubung.

Jika kita ketahui bersama, batu kecubung sangat identik dengan warna ungu, akan tetapi saat ini muncul  varian-varian jenis batu akik kecubung selain warna ungu. Seperti apa jenis dan varian batu akik kecubung, berikut ini ulasan jenis dan keistimewaan batu akik kecubung:

1. Batu Akik Kecubung Amethyst

Batu AKik Kecubung Ungu Amethyst
Batu kecubung ungu atau juga disebut dengan batu akik kecubung ametis adalah batu permata yang dapat ditemukan di Brazil, Uruguay, Bolivia, Argentina, Zambia, Namibia dan negara-negara Afrika lainnya. Batu amethyst yang berwarna gelap banyak ditambang di Australia. Batu amethyst dengan kualitas paling bagus terdapat di penambangan Siberia, wilayah negara Rusia, disebut sebagai uralian amethyst.Tidak hanya di negara tersebut, Indonesia juga salah satu penghasil batu kecubung ungu ametis, dimana lokasinya berada di pulau Kalimantan. Batu kecubung amethyst ini sangat indah  dengan warna ungu yang kuat serta jernih dan didalamnya terdapat serat-serat halus yang merupakan salah satu ciri dari batu kecubung kalimantan.
(Baca Juga:Batu Kecubung Kalimantan yang Mempesona)

2. Batu Kecubung Teh
Batu Akik Kecubung Teh
Selain kecubung ungu, ada juga batu kecubung teh, perbedaannya terletak pada warna batu tersebut, jika batu akik kecubung teh, warnanya mirip sekali minuman teh kuning kecoklatan. Batu akik kecubung teh sangat indah jika di bentuk menjadi batu cincin atau batu liontin model cutting. Batu kecubung teh yang berkualitas super banyak ditemukan di Kalimantan dengan struktur batu yang jernih dan warna yang cerah.

3. Batu Akik Kecubung Air / Kecubung Es
Batu Akik Kecubung Es-Kecubung Air
Selain batu kecubung ungu dan kecubung teh, ada juga batu akik kecubung air. Batu akik kecubung air berwarna putih bening menyerupai air. Jika batu ini dimasukan kedalam air, tampak tidak terlihat. Maka dari itu banyak orang menyebutnya batu kecubung air atau juga kecubung es. di jawa sendiri menyebutnya batu kinyang air. Batu kecubung air ini dapat ditemukan didaerah pulau kalimantan dan jawa.

4. Batu Akik Kecubung Karang
Batu Akik Kecubung Karang
Batu kecubung karang mempunyai ciri khas berwarna bening dan didalamnya terdapat motif atau corak seperti karang. Struktur batu yang unik dan langka banyak diburu oleh kolektor.

5. Batu Kecubung Wulung Ungu
Batu Akik Kecubung WUlung Ungu
Batu akik kecubung wulung, wulung yang berarti hitam, batu kecubung wulung adalah batu kecubung dengan warna hitam serta tembus ungu jika disenter. Batu ini banyak dimiliki oleh pengusaha, pejabat serta pedagang karena mitosnya jika dipakai akan membawah pengasian kepada yang memakainya.

6. Batu Akik Kecubung Api
Batu Akik Kecubung WUlung Api
Batu Kecubung Api ini mempunyai ciri-ciri hitam yang pekat, serta mengkilat dan jika di senter akan tembus warna merah seperti api. Batu kecubung api banyak ditemukan di jawa dan sumatera. Penamaan setiap daerah berbeda-beda seperti batu kecubung wulung baturaja, kecubung wulung bengkulu, batu kecubung aceh serta dijawa sendiri ada juga yang berasal dari kebumen yaitu kecubung wulung lukulo kebumen.

Demikianlah jenis-jenis batu kecubung yang ada di Indonesia, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Salam Gemstone!

Jenis dan Keistimewaan Batu Akik Kecubung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok