Batu Akik Termahal dan Populer di Nusantara Saat ini

Batu Akik Termahal dan Populer di Nusantara - Demam batu akik sedang melanda Indonesia, berbagai jenis batu akik yang ada di wilayah pulau-pulau di Nusantara semakin bertambah dan bermunculan. Dimulai dari Jawa seperti batu pancawarna dan chalcedony, di Sumatera meliputi batu red raflesia, bio solar dan giok aceh. Ada juga batu di Sulawesi yaitu batu giok bau-bau dan hijau tosca, di Maluku ada batu bacan serta di Pulau Papua terdapat batu cyclop dan masih banyak lagi. Dari berbagai jenis batu akik yang ada di Indonesia tentu ada batu akik yang termahal harganya. Berikut ini adalah batu akik termahal dan terpopuler di Indonesia:

1. Batu Akik Bacan

Batu Akik Bacan Doko
Batu termahal dan terpopuler pertama adalah batu bacan. Batu yang berasal dari Maluku Utara ini menduduki peringkat pertama di pasar batu nasional. Karakteristik batu bacan yang unik adalah alasan bagi para kolektor untuk berbondong-bondong untuk berburu dan mengkoleksinya. Varian dari batu bacan antara lain batu bacan doko, batu bacan palamea dan batu bacan obi. Harga batu akik bacan dari jutaan hingga ratusan juta rupiah tergantung tingkat kualitasnya.

2. Batu Ruby Merah Delima
Batu Ruby Merah Delima
Batu ruby atau dengan nama lain Corundum merupakan jenis batu permata yang paling populer di Dunia. Batu ruby yang terkenal yaitu ruby burma dan ruby madagaskar, warna merah sedikit pink ini adalah merupakan ciri dari batu ruby. Harga Batu Ruby tergantung kualitas, semakin sempurna kualitas batu ruby harganya juga semakin mahal. Batu ruby sangat indah jika digosok dan dibentuk batu cincin dengan model cutting.

3. Batu Zamrud
Batu Permata Zamrud
Batu yang termahal dan terpopuler setelah batu ruby adalah batu zamrud. Batu Zamrud atau disebut juga dengan Emerald adalah batu dengan kualitas kristal yang terbaik. Warna batu zamrud adalah hijau muda dengan serat yang indah didalam batu tersebut. Batu zamrud yang terkenal yaitu zamrud zambia. Di Indonesia sendiri terdapat wilayah penghasil batu zamrud yaitu di Kalimantan, yang batunya sering disebut dengan batu zamrud kalimantan. Harga batu zamrud mencapai jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Karena harga yang menggiurkan, sekarang ini banyak batu zamrud palsu beredar di pasaran anda harus waspada dan hati-hati ketika ingin membeli batu zamrud.

4. Batu Permata Blue Sapphire
Batu Permata Blue Sapphire
Batu Sapphire merupakan salah satu jenis permata yang menjadi incaran para kolektor, warnanya yang indah yaitu biru dengan struktur batu permata yang halus serta berkilau apalagi terkena cahaya itulah sebagian dari ciri-ciri batu blue sapphire. Negara yang terkenal penghasil batu blue sapphire adalah Srilanka, Birma, Myanmar, Rusia, Thailand, hingga Afrika selain itu juga Indonesia juga merupakan salah satu Negara penghasil batu shapphire yang terdapat di Pulau Kalimantan. Kandungan yang terdapat pada batu blue sapphire yaitu titanium, besi, serta kromium yang memiliki bermacam warna seperti biru, merah muda, kuning, ungu, jingga, atau kehijauan. Batu Blue Sapphire merupakan golongan permata yang berharga mahal dengan tingkat kekerasan sebesar 9 skala mohs. Harga batu blue sapphire dengan kualitas bagus bisa mencapai puluhan juta rupiah.

5. Batu Permata Kalimaya
Batu Permata Kalimaya Banten
Batu kalimaya atau ada juga yang menyebutnya batu opal merupakan batu yang sangat indah karena keunikannya mengeluarkan warna pelangi (jarong) pada bagian permukaan batu kalimaya. Batu kalimaya berasal dari Australia dan Amerika latin, batu kalimaya juga terdapat di Indonesia yaitu di Provinsi banten tepatnya di Lebak, Banten. Batu Kalimaya asal Lebak, Banten ini sudah diakui oleh dunia karena kualitasnya dan keindahannya. Kelebihan batu kalimaya Kabupaten Lebak, selain warna tidak menghilang juga sangat mempesona jika melihat aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning ungu, biru dengan warna pelangi.

Demikianlah 5 batu akik termahal dan terpopuler di Indonesia bahkan di Dunia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Salam Gemstone!
(Baca:Keistimewaan Batu Akik Getah Katilayu)

Batu Akik Termahal dan Populer di Nusantara Saat ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok