Keistimewaan Batu Akik Getah Katilayu

Keistimewaan Batu Akik Getah Katilayu - Batu Amber atau ada yang disebut juga batu getah katilayu umumnya banyak ditemukan di daerah baltik, Manfaat batu amber yaitu sebagai obat-obatan, dan parfum dan banyak juga sebagai dekorasi. Batu amber pada umumnya berwarna kuning sampai kecoklatan selain itu juga ada yang berwarna coklat atau kemerahan apalagi jika terdapat inklusi serangga atau tanaman purba didalamnya ini merupakan hal yang berharga bagi kolektor.

Keistimewaan Batu Akik Getah Katilayu
Batu Amber (Getah Katilayu)
Batu Amber didaerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda, di Indonesia sendiri banyak nama dari batu amber itu sendiri yaitu Getah Katilayu, Kalyu (sunda), Kapilayu (jawa), Itilayuh (betawi), atau dalam istilah geologi disebut dengan dengan nama fosil getah damar. Daerah-daerah penghasil batu amber di Indonesia tersebar di berbagai daerah antara lain: Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Jenis langka dari batu amber atau batu getah katilayu adalah yang berwarna biru kekuningan, karena warna ini adalah warna spesies yang langka. Batu amber dengan warna kebiruan ada ditemukan di Indonesia, Dominika dan Meksiko. Varietas ini berasal dari getah spesies pohon yang telah punah ‘Hymenaea Protera’ (Iturralde-Vinent dan MacPhee, 1996; Poinar dan Poinar, 1999). Menurut Iturralde-Vinent dan MacPhee (1996), sebagian besar amber Dominika terjadi dalam dua zona: utara dari Santiago de los Caballeros (“daerah utara”) dan timur laut dari Santo Domingo (“daerah timur”).

Demikian ulasan singkat mengenai Keistimewaan Batu Akik Getah Katilayu yang dapat digunakan sebagai mata cincin yang sangat indah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Salam Gemstones!
(Baca:Keistimewaan Batu Mata Kucing Yang Langka)

Keistimewaan Batu Akik Getah Katilayu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok