Batu Kecubung Kalimantan yang Mempesona

Trend batu mulia di Nusantara mulai memanas. Gairah akan akik ini juga meningkatkan perekonomian di kalangan masyarakat menengah bawah. Tak sedikit mereka yang berhenti kerja dan beralih profesi di bisnis batu akik. Tak hanya itu saja, muncul juga jutawan baru dari akik.


Tapi lepas soal efek dari booming batu akik, alam Indonesia memang memiliki kekayaan akan batu mulia. Yang kini sedang tenar batu mulia. Di seluruh Indonesia, kini bermunculan batu-batu khas setiap daerah nusantara. Salah satu yang menonjol yakni batu kecubung dari Kalimantan.

Kawasan Kalimantan memang terkenal dengan batu kecubung. Salah satu tempat untuk membeli akik kecubung ini yakni di Pangkalan Bun, Kalteng.

Di Pangkalan Bun pun ada kawasan khusus untuk menjual akik. Mulai dari bahan jadi hingga bahan mentah. Bahan yang jadi harganya bisa ratusan ribu sampai jutan rupiah.

Sementara bahan mentah harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu bergantung jenis batu. Kecubung yang warna ungu memang mendominasi di Pangkalan Bun. Ada juga kecubung warna hitam, juga bening yang disebut kecubung air.

Pembeli anek batu akik ini pun dari berbagai daerah. Sebagian besar memang masih dari Kalimantan, ada juga dari provinsi lain dan biasanya untuk dijual di Pulau Jawa atau Sumatera.[detikcom]

Batu Kecubung Kalimantan yang Mempesona Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok