Tips Merawat Batu Kecubung Wulung Api

Tips Merawat Batu Kecubung Wulung - Batu kecubung wulung atau juga disebut dengan batu kecubung api adalah jenis batu akik dengan tingkat kekerasan 7 skala mohs dan masih keluarga dengan chalcedony. Batu kecubung wulung biasanya terbuat dari fosil jutaan tahun yang lalu yang telah membatu. Jika dilihat dari struktur rough kecubung api terdapat di bagian kulit luar berwarna putih menyerupai serat kayu yang telah membatu, sedangkan dibagian daging atau sisi bagian dalam dan tengah berwarna hitam legam dan jika di senter akan nampak berwarna merah.

Tips Merawat Batu Kecubung Wulung Api
Batu kecubung wulung atau kecubung api dapat ditemukan didaerah sumatera dan jawa, untuk dibagian sumatera terdapat di Aceh, baturaja dan bengkulu, sedangkan di jawa terdapat di daerah Kebumen Jawa Tengah. Harga batu kecubung wulung kini sangat digemari oleh para kolektor pecinta batu akik Indonesia. Karena warna yang netral yakni hitam mengkilat serta tembus merah jika disenter.

Treatment batu kecubung wulung sebetulnya sangat mudah dan gampang, oleh karena itu jika anda mempunyai batu kecubung wulung dan ingin melakukan perawatan, anda bisa melakukan tips dibawah ini yaitu cara merawat batu kecubung wulung agar terjaga kilaunya dan lebih mengkilap.
untuk melakukan perawatan pada batu kecubung api, sediakan air ber Ph 9 dan masukan batu tersebut kemudian tutup rapat biarkan selama 1 jam. Setelah itu, angkat dan keringkan batu kecubung wulung kemudian lap dengan lap kering, dan olesi minyak zaitun atau minyak beby oil agar permukaan menjadi tampak lebih berkilau. Setelah satu minggu lap dengan kain halus dan coba lihat perbedaannya.
Harga batu akik kecubung wulung sangat beragam tergantung tingkat dan kualitasnya, untuk batu kecubung wulung dengan kualitas super memiliki ciri-ciri yaitu berwarna hitam legam dan berkilau, bisa digunakan untuk mengaca, dan jika disenter akan tembus plong atau tembus tanpa terdapat halangan seperti kabut.
(Baca Juga: Tips Merawat Batu Akik Idocrase Aceh)

Tips Merawat Batu Kecubung Wulung Api Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok