Macam-Macam Batu Badarbesi Kebumen

Macam-Macam Batu Badarbesi Kebumen - Kota Kebumen merupakan salah satu dari wilayah penghasil batu akik terpopuler dan berkualitas super. Terbukti dengan adanya batu-batu akik yang berkualitas bagus seperti batu ginggang, batu pancawarna, batu ijo lumut dan masih banyak lagi. Salah satu maskot batu di Kota Kebumen adalah Batu Badar besi. Batu badarbesi merupakan salah satu dari puluhan jenis batu akik yang ada di Kebumen yang sekarang ini sedang naik daun. Berbagai jenis dan varian batu badarbesi sangat bermacam-macam. Berikut ini adalah jenis-jenis batu badarbesi kebumen yang bisa anda lihat betapa indah dari corak batu badarbesi kebumen.

1. Batu Badarbesi Merah

Batu Akik Badarbesi Motif BUlu Macan
Batu Badarbesi Merah Kebumen atau juga disebut batu badabesi merah cabe merupakan salah satu jenis varian batu badarbesi yang sedang diburu oleh para kolektor. Sekarang ini batu badarbesi merah sudah sangat langka, maka dari itu harganya semakin mahal. Ciri daru batu badarbesi merah adalah warnanya yang merah seperti cabe dengan kombinasi hitam, selain itu juga kandungan besi yang tinggi menjadi batu badarbesi ini nempel di magnet.

2. Batu Badarbesi Pancawarna
Batu Akik Badarbesi Pancawarna Kebumen
Selain batu badarbesi merah cabe, di Kebumen juga terdapat batu badarbesi pancawarna, panca berarti lima, pancawarna berarti mengandung unsur lima warna. Keindahan dan corak batu badarbesi pancawarna kebumen merupakan salah satu keindahan dan keistimewaan sendiri. Harga batu badarbesi pancawarna tergantung kualitas, semakin indah warna dan coraknya, semakin tinggi harga jualnya.

3. Batu Badarbesi Corak Bulu Macan
Batu Akik Badarbesi Motif BUlu Macan
Jika dilihat sepintas, batu ini coraknya menyerupai bulu macan, jadi disebut dengan batu badarbesi bulu macan. Keindahan dua kombinasi warna yaitu kuning keputih-putihan dan hitam menjadikan corak batu badarbesi bulu macan sangat indah. Jika beruntung ketika kita menggosoknya kadang terdapat gambar yang bisa kita lihat di batu tersebut, seperti gambar orang, pemandangan dsb.

4. Batu Badarbesi Kristal
batu badarbesi full kristal kebumen
Batu badarbesi kristal ini adalah batu badarbesi yang sudah mengkristal berwarna abu-abu keputihan jika disenter akan tembus cahaya. Biasanya batu badarbesi kristal ini kombinasi warnanya yaitu kristal putih, merah dan hitam.

5. Batu Badarbesi Kristal Hijau
Batu Badarbesi Kristal Hijau Kebumen
Banyak yang bingung menerjemahkan batu ini, jika di Kebumen sendiri disebut badarbesi kristal hijau dan ada juga yang menyebutnya batu black jade atau giok hitam. Ciri-ciri batu black jade atau batu badarbesi kristal hijau adalah warna sekilas hitam akan tetapi jika di senter akan tembus dengan warna hijau yang indah.

6. Batu Badarbesi Multicolor
Batu Badarbesi Multicolor Asli Kebumen
Multi berarti banyak, multicolor berarti 'banyak warna' batu badarbesi multicolor adalah salah satu dari jenis badarbesi dengan ciri-ciri warna yang beragam pada batu tersebut. Keindahan corak yang mempesona menjadi batu badarbesi multicolor menjadi buruan para kolektor pecinta batu akik

7. Batu Badarbesi Dalmation
Batu Badarbesi Motif dalmation
ini terbilang cukup unik, batu dengan kandungan unsur besi (fe) yang tinggi ternyata ada yang menyerupai corak anjing dalmation, ya benar jika dilihat secara seksama, sepintas seperti corak dengan warna putih totol hitam ini tergolong unik dan langka.

Demikianlah sebagian dari jenis-jenis batu badarbesi kebumen, tidak hanya itu saja karena batu badarbesi masih ada banyak varian lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu di blog ini. Semoga artikel dapat menambah pengetehuan anda tentang keragaman batu akik nusantara. Salam Gemstone!
(Baca:Tips Merawat Batu Akik Bacan Obi Merah)

Macam-Macam Batu Badarbesi Kebumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok