Tips Cara Treatment Batu Fosil Kayu Ulin

Tips Cara Treatment Batu Fosil Ulin - Ribuan tahun yang lalu kayu di muka bumi terkena tumbukan tanah yang kemungkinan dari gunung berapi yang telah mengeluarkan material fulkaniknya, kemudian tertimbun sampai ribuan bahkan jutaan tahun lamanya dan akhirnya terbentuklah fosil kayu.

Tips Cara Treatment Batu Fosil Kayu Ulin
Batu Fosil Kayu Ulin
Kayu yang sudah menjadi fosil merupakan kayu pada jaman dahuku kala dimana tertimbun tanah dan bercampur dengan silikat seperti quartz dan struktur kayunya masih tetap sama.

Ketika kayu terkubur didalam tanah dibawah lapisan sedimen bercampur dengan air yang kaya akan sumber mineral masuk dan merendam kayu tersebut sementara kandungan lignin dan selulosa membusuk dan digantikan dengan batu. Proses tersebut terjadi pada jutaan tahun yang lalu mungkin terjadi pada jaman prasejarah.

Perlu kita ketahui bersama bahwa warna fosil kayu tergantung kepada umur fosil tersebut, karena terjadi tekanan dan pergeseran dengan kulit bumi selama jutaan tahun yang lalu. Menurut sumber terpercaya fosil kayu yang berwarna coklat, hitam atau putih telah berumur kurang lebih 25 juta tahun yang lalu. panjang bisa mencapai 6 meter dengan diameter kurang lebih 1 meter dan berat bisa mencapai 5 ton, hal ini dikarenakan unsur pada kayu sudah berubah menjadi batu.

Di Kota Banjarmasin propinsi Kalimantan Selatan, terdapat batu fosil kayu ulin yang merupakan salah satu jenis batu yang banyak digemari oleh kolektor. Batu fosil ulin berasal dari fosil kayu, dimana kayu tersebut yang sudah sangat tua yang berumur ratusan tahun pada bagian batang phon tersebut yang tertimbun tanah selama kurang lebih 25 juta tahun yang lalu.

Jika anda mempunyai batu fosil kayu ulin sebaiknya dirawat dengan hati-hati, karena batu fosil kayu ulin ini sudah sangat jarang dan langka. Berikut cara merawat batu fosil kayu ulin yang baik dan benar:
Campurkan minyak bayi dan minyak kayu putih, lalu oleskan pada batu secara merata. Lakukan setidaknya setiap hari setiap selesai dipakai dijari anda. lakukan secara teratur agar batu fosil kayu ulin tetap terjaga keasliannya.
Demikianlah sedikit informasi tentang cara merawat batu fosil kayu ulin, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda para pecinta batu. Salam Gemstone!
(Baca:Keistimewaan dan Ciri-Ciri Batu Fosfor Asli)

Tips Cara Treatment Batu Fosil Kayu Ulin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok