Batu Pirus ditemukan di Sungai Lukulo

Foto Ilustrasi
batu akik Kebumen yang mulai diperhitungkan di kancah nasional kini kian tersohor. Ditambah lagi ternyata di Kebumen juga ditemukan batuan jenis pirus, yang sangat diburu oleh pecinta batu mulia. Batu yang masuk dalam kategori batu permata asal persia itu ini ternyata ditemukan ada di sungai lukulo Kebumen, tepatnya di dukuh Siluk Desa Sadang Kulon Kecamatan Sadang.

Sunga Lukulo memang surganya batu di Indonesia. Berbagai jenis batu ada ditempat ini, termasuk batu jenis pirus. Batu permata tertua ini memang belum ada pembuktian secara legalitas, namun batu yang pertama kali ditemukan oleh Supratikno sejak tinga minggu yang lalu batu ini banyak diburu para pecinta batu. Mereka terpikat dengan aneka ragam warna yang ada padabatu ini seperti hijau, biru, ungu, cokelat. Serta tidak ketinggalan ciri khas dari batu pirus adalah serat emasnya yang menempel pada bagian batu.

jika diperhatikan batu pirus Lukulo memang mirip dengan batu pirus asal Persia. Mulai dari warna hijaunya, serat emasnya dan tingkat kekerasan batunya. Menurut sang pemilik Suprat, batu pirus ini ditemukan secara tidak sengaja saat dirinya sedang mencari batu di sepanjang aliran Sungai Lukulo, saat menemukan bongkahan batu berwarna cokelat penuh dengan tanah liat, dan ketika batu tersebut dibersihkan muncul warna hijau dengan serat emasnya mirip sekali dengan batu jenis pirus.(kebumenekspres)

Batu Pirus ditemukan di Sungai Lukulo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok