Merawat Batu Pirus Persia yang Baik dan Benar

Secara ilmu perbatuan, batu pirus atau yang dikenal dengan nama ilmiah Turquise adalah batu yang mudah pecah, karena batu pirus hanya memiliki tingkat kekerasan 6 mohs. Batu pirus memiliki berbagai unsur kimia seperti air, tembaga, phosphorzuur, alumunium dan besi. Batu pirus sendiri ada yang berasal dari timur, dan ada juga yang dari barat.

Kata Turquise sendiri berasal dari Turki, namun batu pirus sendiri banyak yang berasal dari persia. Negara tersebut sering meng-eksport batu pirus ke negara lain seperti Yunani.

Jika kita lihat secara seksama, batu pirus umumnya berwarna hijau dan biru, dengan corak seperti retak. Batu pirus yang bernilai mahal adalah jenis pirus urat emas. Tips merawat batu pirus sangat mudah sekali, antara lain :
  • Batu pirus mudah pecah karena tingkat kekerasannya hanya mencapai 6 mohs, untuk itu anda harus hati-hati jika memakainya, karena batu pirus tidak tahan terhadap benturan apalagi jatuh. 
  • Bersihkan batu pirus dengan sabun agar warnanya tetap terjaga dan alami.
  • Oleskan minyak baby oil dipermukaan batu pirus agar warna semakin cerah dan indah.
Demikianlah tips singkat cara merawat batu pirus, bagi anda yang mempunyai batu pirus dan tidak terawat dengan baik, anda dapat mencoba tips diatas.

Merawat Batu Pirus Persia yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok