Mengenal Serta Ciri-Ciri Batu Cyclop Papua

Mengenal Serta Ciri-Ciri Batu Cyclop Papua - Dari Ujung Sumatera hingga Papua banyak bermunculan batu-batu lokal yang menurut saya itu sangat bagus karena batu merupakan sumber daya alam yang wajib kita jaga dan lestarikan. Wilayah Sumatera banyak batu bernuansa kristal seperti giok aceh, biosolar dan raflesia. Nah di daerah Papua juga tidak kalah dengan batu akiknya salah satunya adalah batu akik cyclop. Batu cyclop ini ditemukan dipegunungan dengan tekstur mirip batu obsidian. Akan tetapi peminat batu akik cyclop sangat banyak sekali terutama para kolektor pecinta batu.

Mengenal Serta Ciri-Ciri Batu Cyclop Papua
Batu Cyclop Papua
Yang perlu kita ketahui bersama bahwa batu cyclop adalah batu yang ditambang didaerah mata air yang mengalir dari pegunungan cyclop. Batu ini ditambang dalam bentuk bongkahan sekepal tangan. Warna batu cyclop bermacam-macam yaitu putih, hitam, kuning, hijau dan merah.

Bongkahan batu cyclop rata-rata dijual dengan harga 600 ribu bahkan ada yang 1 juta tergantung kualitas batu cyclop tersebut. Apalagi jika sudah digosok dan dijadikan batu cincin, harganya bisa jauh lebih mahal yaitu sekitar 1 juta sampai dengan 15 juta tergantung kristal yang terkandung didalamnya,

Batu Cyclop adalah salah satu ikon batu dari tanah Papua dimana batu tersebut memiliki tingkat kekerasan mencapai 6 skala mohs. Ciri-ciri batu cyclop Papua adalah bila di senter tembus cahaya seperti batu akik pada umumnya. Batu cyclop kebanyakan digunakan sebagai perhiasan seperti dibuat mata cincin dan liontin.

Demikian artikel mengenai ciri-ciri batu cyclop papua, semoga paparan diatas bisa menambah wawasan mengenai batu-batu di Indonesia. Salam Gemstone!
(Baca:Batu Red Baron Sang Jawara di Pacitan)

Mengenal Serta Ciri-Ciri Batu Cyclop Papua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok