Tips Membeli Bahan Bongkahan Batu Akik

Bebatuan di Indonesia sangat beragam corak dan warnanya sangat bermacam-macam. seperti di wilayah saya tepatnya di Kebumen, sekarang ini banyak sekali toko batu akik yang menyediakan berbagai macam bahan berbagai jenis batu akik asli kebumen.

Bahan Batu Giok Aceh Super

Bahan Batu Badarbesi Kristal Hijau

Nah berikut ini sedikit tips dari saya bagaimana cara memilih bahan untuk membuat batu akik yang anda sukai.
  • Memang benar, membeli bahan dalam bentuk rough itu seperti kucing dalam karung, kadang ada yang bagus dan ada juga yang jelek atau mungkin berkapur. Akan tetapi kita bisa jeli memilih yaitu jika bahan batu belum dipotong menjadi lempengan anda perlu membasahi bahan batu akik tersebut dengan menggunakan air agat terlihat mana serat batu dan mana yang retak atau krek. Namun tips ini sangat jauh dari kemungkinan kita dapat memilih bahan atau rough yang bagus. Minimal kita meminimalisir kita untuk terkecoh dengan kualitas bahan batu akik yang jelek
  • Pilihlah bahan batu akik yang sudah menjadi lempengan. Bahan batu akik yang sudah menjadi lempengan sangat mudah kita lihat apakah bahan batu tersebut berkualitas bagus atau jelek. Anda hanya cukup membasahi permukaan batu dengan air untuk mengetahui kualitas batu. Perlu anda hati-hati karena ada sedikit persamaan antara serat batu dengan retak atau pecah. Lihatlah secara seksama apakah itu serat atau batu yang retak atau krek.
  • Pilihlah bahan batu yang kaya akan warna atau corak unik jika bahan batu tersebut adalah batu corak atau motif. Jika bahan batu seperti bahan, calcedon, lavender dan bahan lain yang tembus jika di senter, pilihlah bahan yang tidak berkapur didalamnya. 
Demikianlah tips cara membeli bahan batu akik yang perlu anda ketahui, karena jenis batuan berbeda-beda ada yang keras dan ada juga yang lunak sesuai dengan golongannya sendiri-sendiri jadi anda perlu hati-hati jika akan membeli batu bongkahan/rough.
Bahan Badarbesi Pancawarna

Seperti bahan batu pancawarna yang berasal dari Karanggayam, yang saat ini menjadi trend karena corak dan warnanya. Ada juga yang berasal dari sungai lukulo dimana akan kaya batuan untuk membuat batu akik. Namun anda perlu waspada dan jeli jika membeli bahan atau bongkahan atau yang sering kita dengar dengan nama rough.

Bahan Batu lavender

Bahan Batu Badarbesi Hitam Totol Merah

Tips Membeli Bahan Bongkahan Batu Akik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ok